Senin, 21 November 2011

Tips Memahami Matematika dan Fisika. Ayo Kawan, Open Up Your Minds

  Halo semua para pembaca " My Future Blog " yang setia….Apakah diantara para pembaca yang setia ada yg BT atau takut sama matematika atau fisika? Jangan takut lagi kawan, ini saya kasih tips nya supaya kawan - kawan pembaca lebih percaya diri, tetapi modal utama nya tetap berusaha.

Kita harus percaya bahwa setiap orang punya talenta, sesuatu yg sangat mereka kuasai tanpa belajar terlebih dahulu. Itu orang-orang jenius kawan. Kalo kita bukan orang yg seperti itu, ya jangan memaksakan diri untuk menjadi orang seperti itu.

Matematika dan Fisika adalah bidang dimana orang bisa benar2 mengerti atau tidak mengerti benar2. Untuk orang2 yang benar2 mengerti, kita serasa melihat mereka memang dilahirkan seperti itu.

Lalu apakah hal itu membuat kita jadi “down”? Kalau iya, come on man, why you such a coward? Sebagai pelajar ataupun mahasiswa, kita harus maju. Kalau mau maju harus lah belajar dan berusaha.

Berikut ini tips2 dari saya agar kita semua bisa meningkatkan kemampuan kita di bidang matematika dan fisika. Bisa diterapkan di segala bidang sh, Cuma ane fokuskan ke matematika dan fisika karena saya suka bidang ini. Saya sudah coba cara ini selama hampir 17 tahun sejak ane masuk SD sampai sekarang saat TS masih sedang meneruskan sekolah saya. Silahkan disimak kawan:

1.Pastikan Para kawan - kawan pembaca Mengerti Materi yg Dipelajari

Terkadang orang2 membuat kesalahan dengan menghapal untuk bisa mengerti. Matematik dan fisika tidak bisa “MENGAMPUNI”orang2 yg menggunakan cara tsb. Forget it. Lebih mudah untuk memahami cara mengerjakan soal step by step, tetapi kalau hanya ingat tetapi tidak BETUL2 mengerti MENGAPA step2 tsb harus dilakukan, kita tidak akan bisa mengerjakan permasalahan yang lebih rumit lagi.
Contoh nih gan: kalo agan menghitung 1351/3, cobalah untuk tidak menghitung berapa kali kah “3” masuk kedalam 1351. Tetapi, cobalah berusaha hanya berpikir (= menghitung singkat) angka apa yg bisa masuk ke 1351 sebanyak 3 kali. See, it is much more simple isn’t it?

2.Jika Tidak Mengerti, Coba dan Coba Lagi.

Kita harus menyadari bahwa kita sedang berusaha memahami sesuatu. Belajar topic baru di bidang matematika maupun fisika berarti“SPEND MORE TIME WITH THEM”. Perlakukan mereka sebagai teman baru dimana kawan - kawan berusaha untuk mengenal mereka lebih dekat.
Banyak orang cepat menyerah di usaha pertama. That is stupid, really. Agan tahu gan berapa kali Thomas Alfa Eddison melakukan percobaan sampai akhirnya bohlam bisa menyala? 1000 kali. Dan dia hanya bilang, at least I know that there are 999 methods to make the bulb not to works.
Sebagai “ukuran mengerti”, kawan harus bisa menyelesaikan soal2 matematika dan fisika di buku yg agan pelajari (paling tidak benar2 memahmi permasalahannya) di nomor2 besar. Biasanya buku matematik atau fisika didisain agar nomor2 awal soal2 dibuat mudah lalu tingkat kesulitannya bertambah. Dare your self to try it.

3.Jangan Berhenti Apabila Kawan Pikir Kawan Sudah Mengerti

Satu lagi kesalahan yg seringkali orang2 tidak sadar lakukan adalah terlalu cepat PD. When they believe they understand the material, they stop practicing it altogether.
Sayangnya, matematik dan fisika bukanlah seperti naik sepeda. Kalau sudah bisa ya sudah. Walaupun agan merasa sudah bisa, cobalah mengerjakan soal2 lagi. Do them until you could solve them in your sleep. Ini memang butuh kerja keras, tetapi sangat membantu ketika menjelang tes karena tidak ada lagi yg tidak agan persiapkan. Semuanya sudah pernah agan pecahkan.
What separates people who are GOOD at math from people who are GREAT at math is CONTINUED PRACTICED, even when they think they know something.

4.Jangan Hanya Berpikir, Tetapi Tuliskan

Jangan kira agan bisa mengerti hanya dengan membaca. Ambil kertas dan pulpen, lalu tuliskan lagi persamaan yg ada di buku, gambarkan penjelasan yg ada dibuku melalui diagram atau apapun. Intinya “make a scratch”. Einstein mengatakan bahwa untuk menyelesaikan persoalan2 fisika yg dia tidak tahu, dia memulai nya dengan menuliskan “apapun yang dia tahu”.

5.Ajari Teman Kawan

There's no better way to ensure you understand something than to teach that concept to somebody else.
Kerja kelompok adalah metode paling tepat untuk belajar matematik dan fisika. Tanya teman kawan apabila mereka masih belum mengerti konsep yg agan sudah mengerti dan ajari mereka. You'll be surprised how well you will know that information afterward, even for years into the future.

6.Beri Diri Kawan Penghargaan

Setelah belajar atau setelah ujian selesai, ayo gan kita keluar rumah. Jalan2 aja, jalan kaki lebih tepatnya. Lihat anak2 bermain, rasakan anginya, intinya adalah membangun pikiran yang positif, dan yang utama adalah biarkan pikiran kita terbuka. “Nature is a silent guy, but it tells you everything.”

7.Minta Restu Ortu Dalam Hal Apapun

Cium tangan ortu ketika akan berangkat sekolah atau kuliah. Hanya melalui restu mereka lah agan bisa sukses. Setiap agan mencium tangan ortu, ingatlah dalam hati mereka berkata "Doaku menyertaimu selalu, nak". Tuhan tidak akan membuka jalan kepada orang yg tidak menghormati orang tuanya.
Dan ingat, jangan selalu menyalahkan guru di sekolah ataupun dosen di tempat kuliah. Mereka adalah wali kita di tempat kita belajar. Hormati mereka. Kalau mereka tidak bisa menyampaikan materi dengan baik, don't let your self stuck in it, keep moving and studying unless you are letting yourself doing stupid thing by always blaming somebody else for not making you understand something. They are not responsible for your life, but you are.


Sekian para pembaca setia tips dari saya, sekali lagi yang dibutuhkan bukanlah keinginan untuk maju, tetapi usaha yg sungguh2 untuk maju. Kita harus ingat, Ilmu pengetahuan itu tidak bisa di beli, tapi hanya bisa didapat melalui usaha yg keras.



Every second you spend on math and physics does count‼‼

0 komentar:

Posting Komentar