Kamis, 24 November 2011

[ Share ] Komponen Bahasa Action Script

Action Script
   Sebuah bahasa pemrograman pasti mendefinisikan istilah, symbol dan aturan untuk penyusunan program. Disini akan dibahas beberapa komponen dalam bahasa ActionScript. Pembahasan pada beberapa komponen-komponen bahasa ActionScript yang akan diberikan dibawah ini tidak didasarkan pada pembagian sistematik, melainkan pada aspek-aspek yang nantinya akan sering dijumpai ketika kita merancang sebuah movie atau aplikasi dalam ActionScript di Flash.

KOMENTAR :
Komentar adalah bagian program yang tidak akan diproses oleh compiler. Komentar dalam ActionScript Flash 8 dapat ditulis dengan tanda // kemudian di lanjutkan dengan isi komentar.
Contoh : // untuk mengkalkulasikan waktu

PENGENAL ( Identifier ) :
Pengenal dalam ActionScript bersifat case-sensitif yaitu antara huruf besar dan kecil dibedakan, berupa huruf, angka, underscore (_).
Penulisan huruf besar dan kecil pada ActionScript sangat dibedakan, misalnya Anda menulis variable dengan Waktu_sekarang, maka pada saat pemanggilan variable haruf ditulis sama dengan nama variable yang tadi yaitu Waktu_sekarang. Jika Anda memanggilnya dengan waktu_sekarang, maka tidak akan diproses dan akan muncul syntax error.

VARIABEL DAN KONSTANTA :
Variabel dalam ActionScript adalah nama untuk sebuah lokasi penyimpanan, variabel harus dideklarasikan dengan menyebutkan nama dan tipe data dari informasi yang akan disimpan. Pendeklarasian variabel selalu diikuti suatu nilai variabel tersebut, baik nilai variabel berupa teks/string maupun angka. Apabila variabel tersebut belum mempunyai nilai, maka tidak perlu dideklarasikan.
Contoh : var timming : Boolean = false;
Konstanta merupakan pengenal yang sama serupa dengan variabel, kecuali bahwa ia menyimpan nilai yang sama dan tidak berubah selama program berjalan. Compiler akan memberikan pesan kesalahan bila kita mencoba untuk mengubah nilai sebuah konstanta.


TIPE DATA ACTIONSCRIPT :
Pada ActionScript mempunyai sejumlah tipe data yaitu tipe data string, integer, array, bolean, movie dll. Yang akan sering kita jumpai dalam buku ini adalah tipe data string, array dan integer.

Tipe data integer - berisi data semua bilangan bulat yang besar range-nya.
Tipe data array - data array disebut data bertingkat, artinya data yang mengandung beberapa data di dalamnya dan diindeks berdasarkan data numeric atau string.
Tipe data string - tipe data string di ActionScript biasanya digunakan untuk angka atau huruf.
Contoh :
var greeting_str:String = "Selamat datang, " + firstName;
Tipe data bolean - tipe data bolean terdiri dari dua nilai (value), yaitu nilai benar (true) dan nilai salah/tidak (false). Sebuah nilai bolean adalah salah satu bernilai salah atau benar. ActionsScript juga merubah sebuah nilai benar dan salah ke 1 dan 0 dengan tepat.
Contoh :
var my_lv:LoadVars = new LoadVars();
my_lv.onLoad = function(success:Boolean) {
Tipe data MovieClip - tipe data MovieClip merupakan tipe data untuk mengontrol symbol mivie clip dengan menggunakan method dari MovieClip Class.
Contoh :
function getMCWidth(target_mc:MovieClip):Number
{ return target_mc._width;
}trace(getMCWidth(my_mc));
Tipe data Null - tipe data Null terdiri dari nilai null(0).
Contoh :
if (Selection.getFocus() == null) {
trace("no selection"); }
Tipe data Number - tipe data Number akan dapat mewakili integer, bukan integer dan floating point number.
Contoh :
var bottles:Number = 0;
bottles = 10 + Math.floor(Math.random() * 7);
trace("There are " + bottles + " bottles");
Tipe data Object - tipe data objek memberi definisi kepada Objek Class.
var user:Object = new Object();
user.name = "Gapra";
user.age = 22;
user.phone = "555-1234";
Tipe data Undefined - tipe data Undefined terdiri hanya satu nilai saja yaitu undefined.
Contoh :
if (init == undefined) {
trace("initializing app");
init = true;
}
Tipe data Void - tipe data Void terdiri hanya dari satu nilai yitu void.
Contoh :
function displayFromURL(url:String):Void {}


semga ini bisa jadi manfaat buat para pembaca setia My Future Site..

0 komentar:

Posting Komentar