Senin, 21 November 2011

Steve Jobs by Walter Isaacson

Warning : 
Thread ini bukan dibuat untuk promosi buku dan juga saya bukan Apple fanboys. Tetapi setelah membaca (mungkin) selusin buku biografi ato otobiografi dari orang2x terkemuka, buku yg ini memberikan banyak inspirasi dan juga banyak pelajaran.

So 2 hari lalu saya membeli buku ini out of curiosity apa yg mau ditulis tentang Steve Jobs. Saya berpikir pasti another book yang menceritakan mengenai keberhasilan dan sukses Steve Jobs dengan Applenya. Karena didiskon 20 % jadi saya beli dan karena lagi tidak ada bacaan yang bagus.

But saya sangat salah, buku ini bukan menceritakan kehebatan seorang Steve Jobs, buku ini malah menurut saya akan membuat orang melihat bahwa Steve Jobs itu manusia biasa yang bisa salah, nusuk teman dari belakang, dsbnya.

Awalnya saya melihat Steve Jobs ini tipe2x from rags to riches, dari miskin jadi kaya, dsbnya. Ternyata dia tidak seperti itu, dia dilahirkan dari keluarga middle class dan dia pada masa mudanya memilih hidup seperti gelandangan karena hype saat itu yg memang countercultures.

Buku ini adalah menceritakan mengenai hidup Steve Jobs dari awal sampai akhir, apa yang mungkin menjadi latar belakang karakternya yang keras dan perfeksions, apa yang menjadi tujuan hidupnya dan bagaimana dia bertindak dan mengambil keputusan.

Bahasa yang dipakai Isaacson sangat enak unutk dibaca, dia menjelaskan kehidupan Steve Jobs berdasarkan kronologi dan relevansinya dan dia memabgi tiap bab dalam topik2x yg sifatnya progresif.

Jadi kamu akan membaca dibab satu mengenai masa kecil Steve Jobs yang dilahirkan pada thn 1955 sampai dia sukses dengan Macinstosh di 1984, lalu kemudian Bab 2 menceritakan bagaimana dia bertemu dengan Wozniak pada 1973 dan kemudian sampai apple go public di 1981, dstnya. Jadi ditiap bab ada pengulangan kisah tetapi makin progresif.

All in all, ini buku yang bagus untuk dibaca baik bagi mereka yang mencari kisah2x inspiratif, ingin mengenal Steve Jobs atau hanya unutk bacaan santai.

0 komentar:

Posting Komentar